10405666_10152619565084315_4182145653349904300_n

Identity Parade|Maradita Sutantio 12 December Yogyakarta

This Friday there will be a really interesting exhibition by Maradita Sutantio at ViaVia Café & Alternative Art Space. The artist will be present, so you’ll have the chance to speak directly with her. The event will also have live music.

A really interesting chance to keep up with Indonesian upcoming artists.

ViaVia Jogja, Jl. Prawirotaman 30, starting at 6:30 pm

Identity Parade|Maradita Sutantio
Kesadaran manusia sebagai mahluk hidup dan eksistensinya dalam berhubungan dengan mahluk hidup lain adalah tema besar dalam karya-karya Maradita Sutantio. Hubungan tersebut membuat manusia selalu dalam posisi bernegosiasi dengan berbagai aspek yang sangat luas, lebar dan intangibles. Dalam pameran tunggalnya ini Dita melakukan sebuah riset terhadap identitasnya sendiri dan jejak-jejak yang terekam dalam hubungannya dengan lingkungan sosial.
Secara etimologis, identitas merupakan situasi dimana manusia mampu berkaca dan menemukan berbagai tanda khas melalui pertautan sisi internalnya dengan eksternal (hal ini mengacu pada kondisi; sosial, politik, budaya, gender, psikoanalisis, dll). Selain itu, manusia tidak hanya berusaha untuk mencari dan mengenal dirinya sendiri. Ia juga berusaha untuk memberi identitas kepada orang lain.
Identity Parade, merupakan perayaan atas makna identitas diri yang dianggap telah jelas dan berhasil ditemukan. Identitas/ tanda-tanda khas yang diadopsi (dan teradopsi), berperan menjadi kulit terluar yang muncul berlapis untuk menata dan mengelola makna proses interaksi dengan dunia sosial. Seperti jaket dan pakaian, tanda khas tersebut dapat dipilih dan diganti dengan cepat – menyesuaikan dengan situasi yang dihadapi.
Sebelum berhasil menemukan identitas diri, saya, anda, dan mungkin kita semua pasti pernah memasuki masa-masa kritis dalam proses pencarian makna diri dan remeh-temeh- nya. Erik Erikson menyatakan krisis dan pembentukan identitas akan selalu terjadi pada setiap tahap kehidupan seseorang pada tiap-tiap tingkatan usia tertentu. Penemuan identitas yang dirayakan ternyata tidaklah mutlak dan solid, ia selalu berubah dan bergerak, sebagian faktor pengubahnya bahkan diluar kendali kita sebagai si empunya identitas. Identitas menjadi benda murahan yang semakin mudah terberi dan termanifestasi faktor luar – diluar si pemilik identitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>